Protes KPU Lahat, Dua Paslon Pilih Tak Hadiri Deklarasi Damai

oleh -58 Dilihat
oleh

Lahat, lahatsatu.id – Dua Pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Lahat menyatakan diri tidak hadir dalam deklarasi damai Pilkada 2024 yang digelar KPU Lahat.

Kedua pasangan tersebut, yaitu paslon nomor urut 2 Burzah Sarnubi – Widyaningsih (BZ-Win) dan paslon nomor urut 3 Hj Lidyawati – H Haryanto (Berlian).

Ketua tim pemenangan BZ-Win Sudarman menegaskan, pasangan BZ-Win tidak hadir dalam deklarasi damai di KPU Lahat. Keputusan itu sebagai bentuk protes atas sikap KPU Lahat yang tidak melibatkan paslon ralam menentukan jadwal kampanye.

“Kami dari tim pemenangan, BZ-WIN tidak hadir dalam deklarasi damai, ini adalah bentuk protes kami,” Ungkapnya.

Dirinya mengingatkan kepada KPU Lahat agar melibatkan paslon dalam hal hal apapun yang berhubungan dengan aktivitas paslon.

Ia menuding jadwal kampanye yang keluarkan KPU Lahat menguntungkan pasangan calon lain.

“Jadwal kampanye dibuat dengan tidak melibatkan semua pihak, Kami dari tim pemenangan menolak jadwal yang di buat oleh KPU,”Katanya.

Sementara Komisioner KPU Emil Asy’ary berdalih, KPU Lahat sudah memberikan informasi pada hari sabtu tanggal 21 September 2024 kepada masing-masing paslon untuk penyusunan jadwal.

Ia menyebutkan bahwa sudah menginformasikan kepada penghubung paslon dalam bentuk surat dan via WhatsApp grup kepada perwakilan masing-masing paslon.

“Sudah semua, ketika di rakor kampanye penghubung paslon menyampaikan untuk menyerahkan kepada KPU untuk penyusunan jadwal kampanye,” katanya.(*)