Kontribusi Optimal PTBA Berbuah Dua Penghargaan Subroto 2024

oleh -18 Dilihat
oleh
Kontribusi Optimal PTBA Berbuah Dua Penghargaan Subroto 2024

Jakarta, lahatsatu.id – PT Bukit Asam Tbk (PTBA), anggota Grup MIND ID, berhasil meraih 2 (dua) penghargaan dalam ajang Penghargaan Subroto 2024, yaitu Penghargaan Subroto Bidang 2024 Bidang Kontribusi Kepada Masyarakat dan Penghargaan Subroto 2024 Bidang Kepatuhan Kewajiban terhadap Penerimaan Negara Bukan Pajak.

Kedua penghargaan diserahkan dalam Malam Penganugerahan Penghargaan Subroto 2024 yang merupakan puncak acara peringatan Hari Pertambangan dan Energi Ke-79.

Malam Penganugerahan Penghargaan Subroto 2024 dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo, Menteri ESDM Bahlil Lahadalia, Menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju, serta Menteri dan Wakil Menteri ESDM terdahulu.

“Saya mengucapkan selamat hari jadi ke-79 pertambangan dan energi, utamanya bagi keluarga besar Kementerian ESDM dan sektor ESDM. Sektor ESDM merupakan sektor yang sangat strategis dan memiliki potensi yang sangat besar, sektor yang memberikan multiplier effect yang besar bagi perekonomian nasional,” kata Presiden Jokowi.

Pada kesempatan yang sama, Bahlil Lahadalia menyampaikan bahwa Kementerian ESDM adalah kementerian yang mendapat amanah dari Pasal 33 Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 untuk mengelola kekayaan alam demi kesejahteraan rakyat. “Jadi untuk mewujudkannya harus fokus dalam bekerja secara maksimal guna memberikan kontribusi terbaik kepada kesejahteraan rakyat, bangsa, negara,” ujarnya.

Arsal Ismail, Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk (PTBA), menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas penghargaan yang dianugerahkan. Apresiasi ini merupakan buah dari kontribusi optimal PTBA untuk masyarakat dan negara.

“Penghargaan ini tentunya menjadi kebanggaan dan penyemangat bagi kami untuk senantiasa menghadirkan energi tanpa henti, yang sekaligus turut berkontribusi mewujudkan Indonesia maju dan berkelanjutan,” kata Arsal.

Penghargaan Subroto merupakan penghargaan tertinggi dari Kementerian ESDM kepada para pemangku kepentingan yang telah berperan dalam memajukan sektor energi dan sumber daya mineral dalam kurun satu tahun terakhir.

Tahun 2024 merupakan tahun ketujuh penyelenggaraan Penghargaan Subroto. Nama Penghargaan Subroto diambil dari Prof. Subroto selaku Menteri Pertambangan dan Energi periode 1978-1988. Pemberian penghargaan ini merupakan puncak dari rangkaian acara memperingati Hari Pertambangan dan Energi yang dirayakan setiap tanggal 28 September.

Hari Pertambangan dan Energi ke-79 pada tahun ini mengangkat tema “Energi dan Mineral Wujudkan Indonesia Maju dan Berkelanjutan”. Tema tersebut mencerminkan bahwa pemanfaatan sumber daya energi dan mineral untuk mendukung pembangunan Indonesia yang maju, serta memastikan pemanfaatannya dilakukan secara berkelanjutan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi sekaligus menjaga kelestarian lingkungan dan kesejahteraan rakyat Indonesia.(rls)