Lahat, lahatsatu.id – Diskominfo Lahat secara resmi meluncurkan layanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112 untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan masyarakat.
Acara peluncuran ini berlangsung di Gedung Pertemuan Lahat, Kamis (19/12/24) dan dihadiri oleh Pj Bupati Lahat, Imam Pasli yang dalam hal ini diwakili oleh Assisten I Bidang Pemerintahan H Rudi Thambrin SH MM, Kadin Kominfo Lahat, Eti Listiana, SP MM serta jajaran Polres Lahat.
Layanan panggilan darurat ini dapat diakses 24 jam. Masyarakat dapat melaporkan kejadian darurat seperti kecelakaan, kebakaran, pencurian, banjir dan lain-lainnya.
Rudi Thamrin menyampaikan, layanan ini merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan keselamatan masyarakat.
“Kami berharap layanan ini dapat membantu masyarakat dalam keadaan darurat,” ujarnya.
Selain itu juga lanjut dia, layanan ini memperkuat koordinasi antara pemerintah dan masyarakat serta membantu mencegah kejahatan.
Senada disampaikan, Eti Listiana, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta dalam penyelenggaraan layanan darurat 112 secara optimal.
“Kegiatan ini melibatkan berbagai pihak terkait baik dari pemerintah, lembaga terkait maupun masyarakat yang bertanggung jawab dalam sistem layanan darurat nomor tunggal panggilan darurat 112 dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan praktis dan teori mengenai penanganan layanan darurat serta membangun sinergi yang lebih baik antara seluruh pemangku kepentingan yang terlibat dalam pelayanan tersebut,” ungkapnya.(*)