Palembang, lahatsatu.id — Dalam rangka memastikan kesiapan personil dan infrastruktur layanan pelanggan selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru), Manajemen PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu (UID S2JB) melaksanakan kunjungan ke sejumlah posko siaga unit PLN. Selain itu, kunjungan juga dilakukan ke sejumlah Pos Pengamanan (Pos PAM) dan Pos Terpadu Kepolisian Resort Kota Besar (Polrestabes) Palembang.
Tidak kurang dari 47 petugas PLN yang terdiri dari jajaran manajemen dan fungsional di kantor induk PLN S2JB dan Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Palembang mengunjungi 39 lokasi yang terdiri dari: 14 Pos PAM dan Pos Terpadu Kepolisian, 16 gardu induk PLN, 5 unit posko siaga Unit Layanan PLN serta 4 unit pengaturan kelistrikan.
General Manager PLN UID S2JB, Adhi, menyampaikan bahwa kunjungan ini merupakan bentuk solidaritas PLN kepada sesama petugas yang menjaga kenyamanan masyarakat selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2025. Aksi ini juga diharapkan semakin meningkatkan kolaborasi antara PLN dan Kepolisian khususnya di wilayah Polrestabes Palembang.
“Sama seperti kita, rekan-rekan Kepolisian juga berjaga 24 jam sehari selama masa siaga Nataru ini, untuk itu mari kita tunjukkan kepedulian dan semangat kolaborasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ungkap Adhi.
Adhi Herlambang juga menegaskan komitmen PLN dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat selama periode Nataru. Setelah sebelumnya mengadakan gelar pasukan dan peralatan, yang dilanjutkan dengan pemeriksaan jaringan secara menyeluruh, kini PLN juga memastikan setiap posko siaga Nataru dalam kondisi siap memberikan layanan kepada masyarakat.
“Kami memastikan seluruh infrastruktur kelistrikan berfungsi optimal, layanan PLN dalam kondisi prima, dan personel kami siaga 24 jam untuk mengantisipasi segala potensi gangguan. Kunjungan ini merupakan bentuk keseriusan kami dalam menjaga keandalan listrik, terutama pada momen penting seperti Natal dan Tahun Baru,” ujar Adhi
Dalam kunjungan ini, tim manajemen melakukan pengecekan langsung terhadap kesiapan teknis dan non-teknis di posko siaga dan posko pelayanan terpadu. Selain itu, inspeksi juga dilakukan di Gardu Induk dan Unit Layanan PLN untuk memastikan bahwa seluruh sistem operasional berjalan sesuai standar yang telah ditetapkan. Upaya ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, khususnya pelanggan PLN, selama perayaan Nataru.
Pasokan sistem kelistrikan di wilayah kerja PLN UID S2JB sendiri secara umum dalam kondisi aman dengan daya mampu sebesar 3.438 MW, beban puncak tertinggi 1.574 MW, serta cadangan daya mencapai 650 MW. Untuk memastikan kelancaran operasional, PLN UID S2JB menyiagakan total 3.301 personil yang terdiri dari 320 personil PLN dan 2.981 personil tenaga alih daya serta mitra kerja. Peralatan pendukung juga telah disiapkan, termasuk 36 unit genset, 7 unit UPS, 59 unit UGB, dan 10 unit crane. Selain itu, tersedia 248 unit motor, 150 unit mobil, serta material cadang gangguan dalam jumlah yang memadai untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan.
PLN UID S2JB juga memprioritaskan pengamanan listrik di 225 lokasi tempat ibadah dan 38 lokasi pusat keramaian selama periode Natal dan Tahun Baru. Tidak ketinggalan, dukungan diberikan di 150 lokasi strategis seperti kantor pemerintah daerah, TNI/Polri, dan dinas terkait. Untuk mendukung operasional, 253 posko siaga telah disiapkan, yang terdiri dari 6 posko transmisi, 2 posko pengatur beban, 242 posko distribusi, dan 1 posko Icon+.
“Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan, termasuk dalam mengatasi potensi gangguan dengan cepat dan efektif,” tambah Adhi.
Masyarakat juga diimbau untuk segera melaporkan jika terjadi gangguan kelistrikan melalui aplikasi PLN Mobile atau kanal resmi lainnya. Dengan sinergi antara tim operasional PLN dan partisipasi aktif masyarakat, diharapkan perayaan Natal dan Tahun Baru dapat berlangsung lancar tanpa hambatan.
Kunjungan lapangan ini menjadi salah satu wujud nyata dari komitmen PLN UID S2JB untuk terus menjaga pasokan listrik yang andal, aman, dan berkualitas bagi masyarakat. PLN juga terus berupaya meningkatkan pelayanan dengan memastikan seluruh infrastruktur dalam kondisi terbaik.(rls)